Rabu, 05 Desember 2012

mengatasi hama keong mas padi sawah


Mengatasi Keong Mas Pada Padi Sawah



Dalam dunia pertanian hama keong mas merupakan hama yang tidak asing lagi bagi petani. Keong mas memakan tanaman padi muda yang baru ditanam serta dapat menghancurkan tanaman pada saat pertumbuhan awal. Serangan keong mas yang parah dapat mengakibatkan tanaman padi yang baru di tanam habis total.
Saat-saat penting untuk mengendalikan keong mas adalah pada 1 hari pertama untuk padi tanam pindah dan pada sistem tanam benih secara langsung  tanaman berumur 14 hari . 
Beberapa cara mengendalikan keong mas pada tanaman  padi antara lain:
  • Pemungutan: Pungut keong dan hancurkan telurnya, paling baik dilakukan di pagi hari ketika keong berada pada keadaan aktif. 
  • Pembuatan parit di sekeliling pematang : Membuat parit pada pinggiran pematang dengan kedalaman 20-30 cm dan lebar 30-40 cm, 
  • Penggunaan umpan: Menaruh  daun talas, pepaya pada parit disekeliling pematang untuk  menarik perhatian keong agar pemungutan keong lebih mudah.  
  • Pengelolaan air: Keong bersifat aktif pada air yang menggenang,  Buat saluran-saluran kecil dengan menarik kantung berisi benda berat dengan interval 10-15 m. Saluran-saluran kecil ini memudahkan pengeringan dan bertindak sebagai titik untuk mengumpulkan keong kesaluran utama. 
  • Membuat penyaring dari jaring bekas : Tempatkan penyaring dari jaring bekas pada saluran keluar dan masuk irigasi utama untuk mencegah masuknya keong. 
  • Pengunaan tanaman beracun: Tempatkan tanaman beracun (misalnya buah pinang yang sudah ditumbuk , daun tembakau) pada di saluran-saluran kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar